Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang

(Laporan Kunjungan ke Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang, Sabtu 4 Desember 2010)

A. Riwayat Hidup dan Sejarah Perjuangan Syaikhah Rahmah El Yunisiyyah Pendiri Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang
Nama Rahmah El Yunsiyyah adalah sebuah goresan sejarah yang indah dan berarti. Melukiskan ketegaran seorang muslimah pejuang dan pendidik dibalik kelembutan selendangnya. Beliau hadir disaat anak bangsa belum mendapatkan pendidikan yang layak dengan mendirikan Perguruan Diniyyah Puteri di Padang Panjang pada tanggal 1 November 1923 pada usia yang belum genap 23 tahun.

Namun dibalik kelembutan sebagai pendidik beliau juga seorang pejuang yang tangguh. Ini dibuktikan dengan akhirnya beliau mendirikan dan memimpin Tentara Keamanan Rakyat (TKR) serta pasukan Fisabilillah menghadapi agresi Belanda disaat tidak ada kaum pria yang berani mengambil posisi itu. Sugguh panjang perjuangan muslimah ini demi bangsa yang kita cintai ini.

1. Kehidupan Pribadi
Nama lengkap : Syaikah Hj. Rahmah El Yunusiyyah

tempat, tanggal lahir : Padang Panjang, 1 Rajab 1318 H/29 Desember 1900 M

wafat : Padang Panjang, 9 Zulhijjah 1388 H/26 Februari 1969 M

orang tua : Ibu : Rafi’ah
Ayah : Syekh Muhammad Yunus (seorang ahli ilmu falak dan menjabat sebagai Kadhi Nagari Pandai Sikek)
Kakek : Imanuddin, pemimpin tarekat Naqsyabandi (ayah Imanudin mernama Hafazhah, keturunan dari Haji Miskin salah seorang dari Harimau nan Salapan tokoh Perang Paderi)

saudara : Zainuddin Labay El Yunusy, Mariah, Muhammad Rasyad, dan Rihanah (Rahmah El Yunusiyyah adalah anak bungsu)
suami : Haji Bahaudin Latif (anak dari Haji Syekh Abdul Latif seorang ulama tarekat Naqsyabandi di Nagari Sumpur), menikah pada tanggal 15 Mei 1916 tanpa dikaruniai anak.

Pendidikan : 1) Pendidikan infomal dari kakak beliau Zainuddin Labay dan Muhammad Rasyad.
2) Pendidikan di Diniyyah School yang didirikan oleh Zainuddin Labay.
3) Berguru agaa islam kepada:
a) Syekh Abdul Karim Amrullah (ayah buya HAMKA)
b) Tuanku Mudo Abdul Hamid Hakim
c) Syekh Muhammad Djamil Djambek
d) Syekh Daud Rasyidi
4) Kursus kebidanan di RS. Kayu Tanam tahun 1931-1935 dan mendapat izin praktek bidan.

2. Perjalanan Karir Perjuangan
a. Masa Penjajahan Belanda
1) Tahun 1923 mendirikan Perguruan Diniyyah Puteri di Padang Panjang.
2) Tahun 1928 memberikan dukungan penuh pada kongres pemuda yang melahirkan sumpah pemuda dan segera menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di Perguruan Diniyyah Puteri.
3) Tahun 1932 memimpin gerakan menentang dua peraturan Belanda yaitu Ordonantie Kawin Bercatat (yang melecehkan fungsi Kadhi dan syri’at islam) dan Ordonantie Sekolah Liar (yang hendak mengatur sekolah-sekolah agama menurut keinginan Belanda).

b. Masa Penjajahan Jepang
1) Menerima Ir. Soekarno di Diniyyah Puteri membicarakan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia.
2) Tahun 1943 mempersiapkan santri-santri Diniyyah Puteri pengikti pelatihan P3K dan Palang Merah sebagai tenaga sukarela dalam pertempuran.
3) Tahun 1944 memberikan dukungan penuh dalam pasukan Gyugun yang menurut beliau sangat strategis sebagai alat mencapai kemerdekaan Indonesia.
4) Keterlibatan dalam organisasi pada masa penjajahan Jepang:
a) Pengurus ADI (anggota daerah ibu) tingkat Sumatera Tengah yang berjuang menentang menentang Jepang.
b) Ketua Ha Ha No Kai dari Gyugun Ko En Kai.
c) Anggota Ho Ko Kai.
d) Anggota peninjau Sumatera Cuo Sangi In yang diketuai M. Syafei.
e) Anggota Mahkamah Syari’ah Bukittinggi.
f) Ketua Majelis Islam Tinggi bagian kaum ibu di Padang Panjang Batipuh X Koto.

c. Masa Kemerdekaan
1) Tahun 1945 mendirikan TKR dan menjadikan Perguruan Diniyyah Puteri sebagai dapur umum bagi pejuang sampai terbentuknya Balalyon Infanteri, juga membantu Laskar Sabilillah, Sabil Muslimat dan tentara yang melawan NICA.
2) 17 Agustus 1945 Rahmah sebagai orang pertama yang mengibarkan bendera merah putih di Kota Padang Panjang.

3. Pemikiran dan Cita-cita
a. Mencetuskan kesetaraan jender.
b. Menentang gerakan feminisme dari barat.
c. Mempersiapkan ibu berarti mempersiapkan bangsa.
d. Menginginkan kemajuan kaum wanita.

4. Profil Pribadi Rahmah El Yunusiyyah yang Layak Diteladani
a. Komitmen berjuang untuk agama, bangsa dan negara melalui pedidikan.
b. Naluri kepahlawanan.
c. Keberanian dalam menghadapi resiko.
d. Kesabaran.
e. Pengorbanan.
f. Optimisme.
g. Kemampuan dalam menghadapi kegagalan.
h. Kemampuan menjadi teladan.

5. Amanat Rahmah El Yunusiyyah
a. Guru adalah pengajar dan pendidik, oleh kaena itu guru hendaknya mampu melaksanakan kedua fungsi tersebut secara seimbang.
b. Guru selain mendidik dan mengajar juga harus menjadi mubaligh.
c. Jadilah guru yang bijaksana.

B. Sejarah Singkat Perguruan Diniyyah Puteri
Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang merupakan pondok pesantren modern khusus puteri yang terletak di kawasan Kota Padang panjang Sumatera Barat Didirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah pada tanggal 1 November 1923 pada zaman pemerintahan Hindia Belanda diIndonesia Rahmah El Yunusiyyah mendirikan Perguruan Diniyyah Puteri pada usia yang belum genap 23 tahun setelah mendapatkan inspirasi ketika megikti pendidikan pada Diniyyah School yang didirikan oleh kakak kandungnya Zainuddin Labay El Yunusy pada tahun 1915.

Pada awal berdiri Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang hanya menyediakan program pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah dengan nama Diniyyah Menengah Pertama (DMP). Kemudian setelah berjalan 15 tahun, Rahmah El Yunusiyyah membuka program pendidikan lanjutan setingkat Madrasah Aliyah dengan nama Kulliyatul Mu’alimmat El Islamiyyah (KMI). Pendidikan yang diselenggarakan bertujuan mencetak para kader-kader muslimah yang mampu menjadi ibu pendidik di tengah masyarakat. Sistem yang diterapkan adalah boarding schoo” yakni pembinaan anak didik secara terpadu baik di sekolah maupun di asrama.

Saat ini Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang telah berkembang jauh dengan memiliki lima program pendidikan mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai sekolah tinggi. Menjelang usia 80 tahun, pada bulan Agustus 2003 Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang melakukan reegenering dalam persiapan menuju pusat pendidikan islam berbasis teknologi. Untuk itu, secara bertahap dan berkesinambungan seluruh elemen perguruan melakukan perubahan dan perbaikan besar untuk mencapai tujuan mulia “mencerdaskan generasi islam”.

C. Profil dan Struktur Organisasi Perguruan Diniyyah Puteri
1. Profil
Nama lembaga : Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang
status : swasta (yayasan)
alamat : Jl. Abdul Hamid Hakim no. 30 Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat
berdiri : 1 November 1923
pimpinan : Fauziah Fauzan, SE.Akt, M.Si.
jenis lembaga : pendidikan dan usaha
jenjang pendidikan : TKI, MI, MTs, MA dan Sekolah Tinggi (pesantren modern)

2. Struktur Oranisasi

Keterangan:
TK : Taman Kanak-kanak DTC : Diniyyah Training Centre
MI : Madrasah Ibtidaiyah DITC : Diniyyah Information Tech. Ce.
DMP : Diniyah Menengah Pertama DRC : Diniyyah Receach Centre
KMI : Kulliyatul Mu’alimmat El Islamiyyah DCC : Diniyyah Counceling Centre
STIT : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah DTQ : Diniyyah Tahfizul Quran

3. Visi dan Misi
Visi Menjadi lembaga pendidikan islam yang terus-menerus menyeimbangkan pola pengajaran terpadu : Alquran, hadis, dan keilmuan modern terkini dalam rangka pembentukan generasi muda islam Indonesia yang profesional, beriman, bertaqwa, dan siap menghadapi tantangan zaman.

Misi Membentuk puteri yang berjiwa islam dan ibu pendidik yang cakap dan aktif serta bertanggungjawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air atas dasar pengabdian pada Allah SWT.
Mengembangkan pola pengajaran islam yang berbasis teknologi secara berkesinambungan dalam upaya memperkaya khasanah dunia pendidikan sampai akhir zaman.
Merancang, mengembangkan dan memberikan solusi kehidupan dalam bentuk kajian praktis dalam rangka pengadian kepada masyarakat dan tanah air.

D. Jenjang dan Jenis Pendidikan di Perguruan Diniyyah Puteri
1. Taman Kanak-kanak Islam Rahmah El Yunsiyyah
Taman Kanak-kanak Rahmah El Yunusiyyah adalah pendidikan pra sekolah yang didirikan pada tanggal 5 Agustus 1982 dengan tujuan membantu mengemangkan potensi yang ada dan menanamkan kepribadian islami sedini mungkin untuk anak usia taman Kanak-kanak.

2. Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah
Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Padang Panjang adalah salah satu jenjang pendidikan setingkat sekolah dasar yang dikelola oleh Yayasan Rahmah El Yunusiyyah Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang. Melalui sistem pendidikan interaktif yakni pendidikan yang berdasarkan kepada keterpaduan yang utuh antara ilmu pengetahuan umum dan agama akan dapat melahirkan generasi muda dambaan umat.

Oleh karena itu Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah menrapkan dua kurikulum formal Kementerian Agama RI tingkat Madrasah Ibtidaiyyah Negeri (MIN) dan kurikulum tingkat Sekolah Dasar oleh Kementerian Pendidikan serta kegiatan ekstra kurikuler yang diarahkan untuk tafaqquh fiddin (memperdalam ilmu agama). Murid MI pada saat ini berjumlah 344 orang dan guru 30 orang dengan kepala Muhammmad Syafi’i, S.Pd.I..

3. Madrasah Tsanawiyyah Diniyyah Menengah Pertama (DMP)
Madrasah Tsanawiyah Diniyyah Pertama (DMP) merupakan jenjang pendidikan pertama yang didirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah di Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang pada tahun1923. Pendidikan di DMP dengan sistem boarding school yang berrstatus “disamakan” ditujukan untuk mendidik puteri-puteri lulusan SD menjadi kader-kader muslimah sejati yang memiliki kecerdasa intelektual, emosional, dan spiritual sejakdini sehingga mampu menjadi generasi islam yang tangguhdegan keprbadian mulia.

Kurukilum yang diajarkan merupakan kombinasi dari tiga kurikulum yaitu kurikulum Kementerian Pendidikan, kurikulum Kementerian Agama dan kurikulum khusus Diniyah Puteri. Selama mengkuti proses pendidikan siswi akan dibekali dengan kegiatan ekstrakurikuler meliputi keterampilan wanita, keterampilan berorganisasi serta keterampilan dakwah. Konsep pengajaran yang teradu antara lain agama dan keilmuan modern terkini darahkan agar siswi memiliki kecintaan yang tinggi kepada Allah SWT dan rasul-Nya serta kepada ilmu pengtahua. Saat ini santri DMP yang telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Kemendiknas RI ini berjumlah 391 orang dengan majelis guru sebanyak 54 orang.

4. Kulliyatul Mu’allimat El Islamiyah (KMI)
Madrasah Aliyah KMI Diniyyah Puteri dengan boarding school setara dengan pendidikan aliyah atau SMA/SMK dengan status “disamakan”. Para lulusan Madrasah Tsanawiyah Diniyyah Menengah Pertama (DMP) Perguruan Diniyyah Puteri dapat langung meneruskan pada Madrasah Aliyah KMI secara langsung tanpa harus mengikuti kelas persiapan KMI (PKMI).

Jenjang pendidikan KMI ini didirikan pada tahun 1937, 14 tahun setelah Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang berdiri. Pendidikan di KMI difokuskan untuk menghasilkan kader-kader muslimah sejati yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual sehingga mampu menjadi geerasi islam yang tangguh dengan kepribadian mulia.
Sampai saat ini, KMI telah menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke brrbagai perguruan tinggi bergengsi di dalam danluar negeri, diantaranya:
a. Institut Teknoogi Bandung (ITB)
b. Instutut Pertaian Bogor (IPB)
c. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
d. Universitas Indonesia (UI)
e. Universias Andalasn (UNAND)
f. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
g. IAIN Imam Bondjol Padang
h. Al Azhar University Kairo
i. Serta berbagai universitas lain di Timur Tengah.

Setiap tahun Madrasah Aliyah KMI Diniyyah Puteri mendapatkan tawaran PMDK dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada tahun 2010 penawaran PMDK datang dari Universitas Sumatera Utara (USU), IPB, UIN SH Jakarta, IAIN IB Padang, UI, UTS, Universitas Airlangga,UNAND, UNP, UPI Bandung, UNIB UNILA dan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta lain.

Selain itu, juga ada peluang beasiswa bagi lulusan berprestasi antara lain dari pemerintah pusat (kementerian pendidikan), pemerintah daerah, Al Azhar University Kairo Mesir, Sudan, Jepang, ITS, Universitas Air Langga, UI dan lain-lain.

KMI Perguruan Diniyyah Puteri memiliki tiga jurusan yang telah terakreditasi A yaitu:
a. Jurusan Studi Timur Tengah (STT)
b. Jurusan IPA
c. Jurusan IPS.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah (STIT) Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyyah (STIT) Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah adalah perguruan tinggi khusus puteri berkiprah di bidang pendidikan mencetak calon sarjana dan diploma yang memiliki wawasan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap dasar sebagai guru sekolah menengah, staf personalia di berbagai industri trainer dan konsultan pendidikan

a. Visi dan Misi
Visi Terwujudnya perguruan tinggi islam khusus puteri sebagai pusat keunggulan di bidang pendidikan agama dan pengembangan sumber daya manusia yang melahirkan lulusan pendidik berjiwa emas dan berkompetensi global.

Misi Membangun perguruan tinggi islam yang mampu mandiri dan memberi kontribusi untuk dunia pendidikan dan masyarakat global.
Menyelenggarakan pendidikan bagi calon sarjana yang menguasai penddikan islam berjiwa entrepreneur.

b. Tujuan Pendidikan
1) Menyiapkan pendidik berjiwa emas yang mampu berdiri pada dua kaki: di lembaga pendidikan tempatnya mengabdi dan ditengah masyarakat dunia tempat berkarya tanpa henti.
2) Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap dasar sebagai: guru, trainer, konsultan pendidikan, dan tim sumber daya manusia yang handal di berbagai industri.

c. Program Pendidikan
STIT Diniyyah Puteri Rahmah El Yunusiyyah yang dipimpin langsung oleh pimpinan Yayasan Rahmah El Yunusiyyah ini yakni generasi keempat dari Rahmah El Yunusiyyah, Fauziah Fauzan El M., SE.Akt, M.Si. memiliki empat program studi, yaitu:
1) Program Studi Pendidikan Agama Islam S1/Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
2) Program Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK)/Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) S1
3) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam (PGSDI)/Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) S1
4) D2 Program Diploma Hafiz Alquran 30 Juz.

d. Fasilitas
1) Gedung/ruang kuliah sendiri.
2) Staf pengajar dari Al Azhar University Cairo, Madinah Universty, UI, UGM, UIN, IAIN, dan lain-lain.
3) Laboratorium bahasa.
4) Laboratorium komputer/internet.
5) Ruang Micro Teaching.
6) Asrama.
7) Perpustakaan dan Audiovisual.
8) Sarana Ibada.
9) Gedung Pertemuan.

E. Fasilitas Pendidikan, Sarana, dan Prasarana yang ada di Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang
1. Fasilitas Pendukung
a. DTC (Diniyyah Training Centre)
Melayani untuk training personality, motivasi, minat dan bakat, kerja tim dan kewirausahaan. DTC juga terbuka bagi lembaga lain diluar Perguruan Diniyyah Puteri. Sudah pernah mentraining banyak karyawan dari berbagai perusahaan besar seperti PT. Semen Padang, Bank Mandiri Bukittinggi, siswa berbagai sekolah dan sebagainya. Lembaga yang beriri pada tanggal 29 Desember 2004 ini telah banyak menjalan program dengan produk antara lain:
1) Smart Kids 1
2) Smart Kids 2
3) Young Smart 1
4) Young Smart 2
5) Family Smart A
6) Family Smart B
7) Alumni Smart
8) Smart Secretary
9) Smart Personality
10) D-SMArt (Diniyyah Sempoa Mental Aritmatika)
11) Smart Love.

Program pelatihan hasil outsourching/kerjasama dengan instansi lain:
1) Dakwah Fardiyah
2) Dai Remaja
3) Pumping Teacher
4) Managerial Skill
5) Tax and Accounting.

b. DITC (Diniyyah Information Technologi Centre)
Mempersiapkan dan melatih teknologi informasi bagi siswi, guru dan karyawati Perguruan Diniyyah Puteri di bidang komputer seperti Microsoft Office, Photoshop, Webdesign, Programming, Hotspot, Internet dan lain-lain.

c. DRC (Diniyyah Receach Centre)
Selain menfasilitasi social and science club bagi siswi Perguruan Diniyyah Puteri, juga melayani untuk umum yaitu sebagai:
1) Konsultan pendidikan
2) Konsultan manajemen bisnis
3) Penelitian, penerbitan dan publiasi buku dan jurnal ilmiah

d. DCC (Diniyyah Counceling Centre)
Yaitu layanan di bidang konseling, baik pribadi, soial, bimbingan belajar dan karir, baik untuk siswi, mahasiswimaupun guru dan karyawati Perguruan Diniyyah Puteri.

e. DTQ (Diniyyah Tahfizul Quran)
Membimbing siswi Perguruan Diniyyah Puteri dan masyarakat umum yang berniat menghafal Alquran dan mempelajari Alquran lebih dalam.

f. Poliklinik
Poliklinik Perguruan Diniyyah Puteri selain bagi siswi Perguruan Diniyyah Puteri juga melayani masyarakat sekitar. Poliklinik ini pernah menjadi poliklinik teladan tingkat nasional.

g. Mini Market
Selain sebagai salah satu badan usaha Perguruan Diniyyah Puteri, mini market juga tempat siswi memenuh kebutuhan dan tempat belajar dan latihan kewiausahaan.

h. Loundry
Selain sebagai salah satu badan usaha Perguruan Diniyyah Puteri, loundry juga tempat siswi memenuh kebutuhan dan tempat belajar dan latihan kewiausahaan.

i. Catering
Selain bagi siswi yang tinggal di asrama, catering Perguruan Diniyyah Puteri juga melayani pesanan dari luar untuk berbagai acara seperti pesta dan sebagainya.

j. Wisma dan Penginapan
Wisma dan penginapan Perguruan Diniyyah Puteri ikut mendukung pariwisata Kota Padang Panjang karena menjadi salah satu penginapan bagi wisatawan dan orang yang berkunjung ke Padang Panjang.

2. Sarana dan Prasarana
Seluruh program pendidikan mulai dari Taman Kanak-kanak Islam sampai dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah terpusat pada kampus Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang Jl. Abdul Hamid Hakim no. 30 Padang Panjang Smatera Barat. Adapun sarana yan ada antara lain:
a. Di Lingkungan Sekolah
1) Ruang kelas yang nyaman
2) Lapangan olahraga
3) Laboratorium IPA (fisika, kimia, biologi)
4) Laboratorium komputer
5) Laboratorium bahasa (Arab dan Inggris)
6) Perpustakaan
7) Aula serbaguna
8) Ruang praktek keterampilan tataboga
9) Ruang praktek keterampilan tata busana dan bordir
10) Ruang audio visual dan peralatan pengajaran multi media
11) Training centre.

b. Asrama dan Penunjangnya
1) Ruang tidur sistem barak
2) Masjid berkapasitas 750 orang
3) Ruang makan multifungsi
4) Fasilitas hibura islami
5) Taman bacaan remaja islami
6) Poliklinik 24 jam

3. Kegiatan Ekstra Kurikuler
a. Tujuan
1) Membentuk generasi Qurani yang memilikikeahlian sesuai dengan bakat dan kemampuan intelejensinya.
2) Menyiapkan kader-kader pemimpin islam masa depan yang memiliki ruhiyah yang kuat, jiwayang tegar dan mandiri, serta intelektual yang tingi.

b. Macam-macam
1) Organisasi dan kepemimpinan
2) Pramuka
3) Muhadharah dalam Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris
4) Kesenian (talempong, pauan suara, nasyid, teater, seni tari, dll)
5) Hafiz Alquran dan seni membaca Alquran
6) Kaligrafi
7) Keterampilan rumah tangga (tata boga, tata busana, bordir)
8) Drum band.

F. Keadaan Siswi, Guru dan Karyawan Perguruan Diniyyah Puteri
Siswi dan mahasiswi Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang dari tingkat Taman Kanak-kanak sampai Sekolah tinggi saat ini berjumlah 957 orang dengan jumlah karyawan dan guru berjumlah 500 orang.

Tenaga pengajar di Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang adalah mereka yang telah memiliki pengalaman dalam pendidian agama dan eksak yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di dalam dan laur negeri seperti:
1. Universitas Al Azhar Kairo
2. Universitas Indonesia
3. Universitas Negeri padang
4. IAIN IB Padang
5. LIPIA Jakarta
6. Universitas NegeriMalang
7. Universitas Andalas
8. Sekoah Tinggi Seni Indonesia, dll.

G. Prestasi yang Pernah Diraih Perguruan Diniyyah Puteri
1. Tingkat Nasional
a. Juara III sekolah berprestasi tingkat nasional 2007/2008
b. Finalis lomba PASIAD matematika tingkat nasional 2007
c. Juara I poliklinik berprestasi tingkat nasional.

2. Tingkat Provinsi
a. Juara I sekolah berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat 2007/2008
b. Juara III guru berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat 2007/2008 atas nama Siti Hawa
c. Juara III siswa berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat 2008/2009 atas nama Violita Sinda Arinda
d. Juara III guru berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat 2008/2009 atas nama Sumiatai, S.Pd.
e. Juara I putri lomba tahfizh tingkat SD/MI/SDIT Provinsi Sumatera Barat 2009
f. Juara I putra lomba tahfizh tingkat SD/MI/SDIT Provinsi Sumatera Barat 2009
g. 16 besar lomba karate Pordini Provinsi Sumatera Barat 2007
h. Juara III cerdas cermat TPA Provinsi Sumatera Barat
i. 6 besar sepak takraw Provinsi Sumatera Barat
j. Juara I sekolah berprestasi Depag tingkat Provinsi Sumatera Barat 2007/2008
k. Juara II guru berprestasi Depag tingkat Provinsi Sumatera Barat 2007/2008
l. Juara III siswa madrasah berprestasi tingkat MI Provinsi Sumatera Barat 2008/2009
m. Juara III guru madrasah berprestasi tingkat MI Provinsi Sumatera Barat 2008/2009.

3. Tingkat Kota
a. Juara III tenis meja putri HUT RI ke 59 Kota Padang Panjang 2004
b. Juara II MSQ SD dalam rangka menyambut 1 Muharram 1424 H Kota Padang Panjang
c. Juara III cerdas cermat SD dalam rangka menyambut 1 Muharram 1424 H Kota Padang Panjang
d. Juara III putra do’a sehari-hari DDS Kota Padang Panjang 2004
e. Juara I putri do’a sehari-hari DDS Kota Padang Panjang 2004
f. Juara I putri dakwah DDS Kota Padang Panjang 2004
g. Juara I putri MSQ DDS Kota Padang Panjang 2004
h. Juara II sepak takraw SD Hardiknas Kota Padang Panjang 205
i. Juara III TPA/TPSA dalam rangka menyambut 1 Muharam 1427 H Padang Panjang
j. Juara I cerdas cermat TPA/TPSA Kota Padang Panjang 2005
k. Juara I melukis dalam rangka HUT Kota Padang Panjang 2005
l. Juara I pramuka dalam rangka HUT Kota Padang Panjang 2005
m. Juara I catur Porsenida Padang Panjang 2006
n. Juara III takraw Porsenida Padang Panjang 2006
o. Juara III MSQ Padang Panjang & Tanah Datar 2006
p. Harapan III drum band SD HUT Padang Panjang ke 216
q. Juara II KIM Pramuka pada HUT pramuka ke 45
r. Juara II pacu karungPramuka pada HUT pramuka ke 45
s. Juara III PASIAD matematika Padang Panjang 2007
t. Juara II putri pesta siaga pramuka hari pramuka ke 46
u. Juara I karate SD Porsenida Padang Panjang 2007
v. Juara III da’i cilik HUT RI 2007
w. Juara III melukis HUT RI 2007
x. Juara I sekolah sehat Padang Panjang 2007
y. Juara III kepala SD berprestasi dan berdidikasi Padang Panjang 2007
z. Juara I busana muslim SD Padang Panjang 2008
aa. Harapan I drum band Hardiknas Padang Panjang 2008
bb. Juara II bulu tangkis putra SD Porsenida Padang Panjang 2008
cc. Harapan III asma’ul husna TPA/TPSA PABASKO HIMA 2008
dd. Juara I putri pesta siaga pramuka hari pramuka ke 47
ee. Juara I bulu tangkis Porsenida 2009
ff. Juara I karate Porsenida 2009
gg. Juara I catur Porsenida 2009
hh. Juara I da’i cilik TPA/TPSA Padang Panjang 2010.

4. Tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Daerah Setempat
a. Juara II shalat wajib putri HUT RI ke 59 tingkat Padang Panjang Barat 2004
b. Juara I UKS tingkat Padang Panjang Barat 2005
c. Juara III rebana TPA/TPSA 2005
d. Juara II shalat jenazah SD HUT RI ke 60 tingkat Padang Panjang Barat 2005
e. Juara I cerdas cermat Gebyar II SMPN 2 Padang Panjang 2006
f. Juara I busana muslim Gebyar II SMPN 2 Padang Panjang 2006
g. Juara umum Gebyar II SMPN 2 Padang Panjang 2006
h. Juara I bintang nasyid Musda PKS Padang Panjang 2006
i. Juara I tahfizh Musda PKS Padang Panjang 2006
j. Juara III tahfizh Musda PKS Padang Panjang 2006
k. Juara I da’i cilik Musda PKS Padang Panjang 2006
l. Juara I UKS Padang Panjang Barat 2009
m. Juara I cerdas cermat SD/MI Gebyar IV SMPN 2 Padang Panjang 2010
n. Juara III tahfizh Quran SD/MI Gebyar IV SMPN 2 Padang Panjang 2010
o. Juara umum Gebyar IV SMPN 2 Padang Panjang 2010.

H. Program Perguruan Diniyyah Puteri
Perguruan Diniyyah Puteri Padang panjang memiliki beberapa program untuk masa yang akan datang, yaitu diantaranya:
1. Meningkatkan status Perguruan Diniyyah Puteri dari Sekolah Standar nasional (SSN) menjadi Sekolah Berstandar Internasional (SBI).
2. Meningkatkan daya tampung dan meningkatkan sarana dan prasarana.
3. Melaksanakan seminar dan training rutin untuk keluarga Perguruan Diniyyah Puteri dan untuk umum.
4. Mengembangkan usaha yang telah ada dan menambah badan usaha baru.
5. Selalu konsinten meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis islam dan teknologi informasi.
6. Mengusulkan kepada pemerintah untuk mengangkat Rahmah El Yunusiyyah menjadi pahlawan nasional

8 thoughts on “Perguruan Diniyyah Puteri Padang Panjang

  1. alhamdulillah…
    saya sebagai alumni perg.diniyyah puteri sangat bersyukur skali krn pernah mengenyam pendidikan di sini..
    sungguh suatu sejarah dan sangat membekas dlm diri saya..
    terima kasih ats posting nya mngnai perg. yang saya cintai ini.
    smoga bermanfaat utk smua..dan diniyyah terus mnjadi lebih baik lagi..
    Allohu akbar!

  2. Terimakasih untuk semuanya yang telah membaca dan mengomentari tulisan ini. Tuisan ini begitu lengkap karena merupakan hasil dari observasi langsung ke Perguruan Diniyah Puteri.

    Pendidikan BERJIWA EMAS itu adalah pendidikan yang tidak hanya menfokuskan kepada aspek kognitif saja, tetapi juga aspek afektir. Peserta didik tidak hanya diharapkan cerdas ilmu, tetapi juga berakhlaq mulia.

  3. Pak Tomi yang baik,
    Saya peneliti pelaksanaan program pelatihan bagipelaksana BOS. tanggal 29 April lalu kami berkunjung ke Diniyah Putri Padang panjang dan bertemu dengan 2 guru Matematika tingkat SMP yang sedang mengerjakan soal matematika untuk test olimpiade kelas III SMP. Di kelas itu mereka dibimbing oleh seorang Bapak. Saya telah ertanya namanya, tapi tak mencatatnya. Sekarang saya membutuhkan nama Bapak itu. Dapatkan anda menelusurinya melalui dua perempuan guru matematika kelas III SMP? Mohon Saya ingin memasukkan nama bapak itu kedalam buku yang sedang saya tulis. Mohon bantuannya ya Pak Tomi. salam Lies Marcoes 08129528231

  4. Assalaamu`alaikum. Saya dan 2 lagi rakan dari Malaysia insha ALLAH, akan berkunjung ke Padang dan Bukit Tinggi dari 12.9.2013 – 14.9.2013. Tujuan ke Padang ialah untuk melawat sekolah agama, pesantren dan masjid-masjid lama. Alhamdulillah. saya telah bertemu dengan blog anda . Soalnya sekarang ialah bagaimanakah cara nak melawat ke perguruan diniyyah puteri Padang Panjang dan Sumatra Thawalib. Kami akan sampai di bandara Padang pada 12.9.2013. Kami nak naik bis dari bandara ke Padang Panjang. Adakah bis nya. Kalau ada bis nya berhenti di mana? shukran wajazakallahu khairan. wassalamuaalaikum warahmatullah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s