Wajah Pendidikan Tapan

Padang, 2 April 2010

Oleh : Tomi Tridaya Putra

Kita sudah bisa bangga ketika beberapa saat lalu berdiri dua buah sekolah menengah secara bersamaan di Tapan, yakni SMKN 1 Basa Ampek Balai Tapan dan SMPN 3 Basa Ampek Balai Tapan. Sejak adanya dua sekolah ini telah memperbanyak jumlah sekolah di Tapan, ini sebagai langkah awal dari kemajuan dan kecerdasan putra-putri Tapan. Sekarang telah berdiri 3 SLTA (SMAN 1, SMKN 1 & MAS) serta 4 SLTP (SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3 & MTsN) di Tapan yang bisa menjadi pilihan serta tempat berjuangnya para generasi Tapan yang akan melanjutkan pembangunan Tapan di masa mendatang.

Namun demikian, seperti halnya Balai Selasa Kec. Ranah Pesisir, di Tapan belum ada Perguruan Tinggi yang bisa menanmpung lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan, sehingga para alumni SLTA harus kuliah di kota lain seperti Padang, Sungai Penuh, Balai Selasa, Bengkulu da kota lainnya. Ini menjadi PR bagi kita semua, karena tidak semua keluarga bisa membiayai seorang anak untuk melanjutkan pendidikan di kota lain yang artinya butuh biaya besar untuk tempat tinggal dan belanja harian.

Selain Perguruan tinggi, kualitas pendidikan pada sekolah-sekolah yang telah ada juga perlu ditingkatkan. Mulai dari potensi guru, semangat dari siswa sendiri serta dukungan dari pemerintah setempat dan masyarakat sangat perlu diperhatikan. Karena tanpa semua itu, kualitas pendidikan tidak akan bisa meningkat dengan sendirinya.

Pendidikan di Tapan yang biasanya hanya terkenal dan bisa bersuara di luar hanya di bidang olahraga dan seni bagaimana untuk selanjutnya kita tingkatkan pula pada bidang akademik sehingga memang para siswa yang tamat dari SLTA di Tapan mampu bersaing dengan sekolah lain untuk melanjutkan pendidikan dan masuk pada perguruan tinggi favorit. Meski ada tapi tidak banyak dari siswa kita yang dapat kuliah di PT yang bergengsi dan berkualitas, karena kebanyakan dari mereka kandas ketika menghadapi SNMPTN meski telah bimbel dan sebagainya sehingga akhirnya para calon pemimpin masa depan ini hanya bisa kuliah di PTS atau tidak pada PT yang diidamkan.

Jadi, hanya dukungan semua pihaklah yang dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan di Tapan, karena dengan SDM yang baiklah Tapan akan dapat dibangun dan maju, kalau tidak Tapan akan tetap seperti sekarang, malah lebih parah jika Tapan tidak memiliki SDM yang akan membangun ke depan.

Penulis adalah Mahasiswa Matematika UNP / Alumni SMAN 1 Basa Ampek Balai Tapan tahun 2008

Tulisan aslinya disini

2 thoughts on “Wajah Pendidikan Tapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s