Kesuksesan Diawali dari Berfikir Positif

DR William James, Father of America psychology mengatakan, We can alter our lives by altering our altitudes (Manusia dapat mengubah sikap dan cara berpikirnya). Orang yang terbiasa berpikir positif selalu menemukan solusi-solusi cerdas. Sebab pikiran yang positif dapat bekerja secara sederhana, mencari ide dan segala kemungkinan untuk berhasil.

Berikut ini adalah 10 sikap positif di saat sulit, di mana langkah-langkah ini merupakan upaya menyikapi kegagalan ataupun permasalahan yang sedang kita hadapi. Yakinlah bahwa di balik sulitnya perjuangan menuju segala hal positif itu ada hikmahnya. Berikut hikmah yang bisa diambil:

Positif merupakan pilihan

Dalam hidup ada kesuksesan, ada bahagia-duka dan ada kesuksesan-kegagalan. Ini merupakan hukum alam. Tapi apapun yang menimpa kita pada saat ini, merupakan efek dari apa yang telah kita pilih dan lakukan di masa lalu. Begitupun sikap positif adalah pilihan dan bukan warisan yang serta merta bisa dimiliki oleh setiap orang tanpa melalui proses perenungan dan usaha keras. Ingat bahwa Anda akan menjadi apa yang Anda pikirkan.

Yakin mencapai tujuan

Keyakinan merupakan pondasi. Keyakinan akan melahirkan kekuatan yang berlipat ganda untuk melakukan tindakan konkrit sebagai wujud dari sebuah proses panjang kesuksesan. Ketika kita mempunyai sebuah mimpi, kemudian kita membuat sebuah perencanaan dan akhirnya kita melakukan sebuah tindakan. Namun tindakan itu akan tidak maksimal bila tidak disertai dengan keyakinan akan sebuah kesuksesan.

Perubahan tidak dapat dihindari

Seorang filsuf Yunani berkata bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Segalanya berubah dan akan selalu berubah. Bisa disimpulkan bahwa perubahan itu sendirilah yang abadi. Tak dapat ditawar-tawar lagi. Jika ilmu yang kita miliki hanya itu-itu saja maka kita sendiri yang akan tergilas dan pada akhirnya kalah bersaing dengan mereka yang selalu kreatif dan inovatif. Karena itu, mulailah perubahan untuk menjadi yang terbaik.

Kegagalan tidak sama dengan kehilangan

Gagal bukanlah akhir dari segalanya walau ia rasanya tidak enak, sakit, pahit dan malu. Tanyakan pada orang-orang sukses, apakah mereka pernah gagal dalam memperjuangkan apa yang diinginkan dalam hidupnya? Tentu jawabannya pernah. Mereka pasti belajar dari kegagalan, memahami dan manganalisa kesalahan apa sebenarnya yang telah membuatnya gagal. Dari sana mereka mencari cara untuk memperbaiki kesalahan tadi dan berusaha untuk menemukan formula yang lebih efektif guna mencapai kesuksesan.

Optimis

Belajar untuk selalu berterimakasih adalah hal bijak. Selalu berterimakasih lah pada saat kita letih dan lelah karena itu tandanya kita telah melakukan sebuah perbedaan. Saat kita terpuruk, hendaknya kita mampu untuk bercermin. Dengan bercermin kita akan tahu di mana letak kekurangan dan kelebihan kita. Namun hendaknya kita juga fokus pada kelebihan kita, sehingga kita optimis dan segera bangkit dari keterpurukan.

Tenang dalam berpikir

Santai, tenang, dan berfikir adalah ciri-ciri orang yang bekerja keras dengan cerdas, penuh strategi dan tepat sasaran. Mulailah dengan langkah-langkah kecil tanpa melupakan tujuan utama.

Praktikkan reaksi yang positif

Di dalam diri manusia terdapat perbedaan yang sangat tipis. Dan perbedaan itu adalah sikap. Namun perbedaan itu akan menjadi besar dan jelas ketika sikap tersebut menjadi positif atau negatif. Saat kita mempraktikkan reaksi yang positif maka segalanya akan menjadi positif atau negatif. Saat kita mempraktikkan reaksi yang positif maka segalanya akan menjadi lebih mudah. Justru ketika kita mempraktikkan reaksi yang negatif. Maka sesungguhnya kitalah yang bermasalah. Kalau nasi sudah menjadi bubur, maka fokuslah untuk mencari ayam, daun bawang dll. Sehingga tersaji bubur ayam yang enak dan lezat. Bukankah ini lebih menyenangkan?

Tak ada yang tak mungkin

Saat kita sudah bisa lebih tenang dan selalu positif dalam menghadapi segala bentuk situasi maka tidak ada yang tidak mungkin. Anda akan menjadi apa yang Anda pikirkan. Tidak ada tindakan yang positif itu merugi, akan ada hikmah di pengujung waktu. Tujuan bukan utama, yang utama adalah prosesnya. Ketika kita berproses dengan benar, dengan hati yang tulus dan penuh ketekunan, maka kesuksesan akan datang. Sukses itu berkaitan dengan proses. Dan proses berkaitan dengan waktu. Maka yakinlah bahwa Anda akan sukses. Karena sukses adalah hak setiap orang.

Mulai dari langkah kecil

Jangan pernah takut untuk bermimpi karena hari tak selamanya malam. Ada pagi hari untuk mengawali langkah-langkah kecil. Siang hari untuk melakukan hal besar. Dan sore hari untuk mengevaluasi diri. Sukses adalah pilihan. Diawali dengan sebuah impian, kemudian kita membuat perencanaan dan setelah itu kita melakukan sebuah tindakan sebagai wujud dari sebuah proses yang benar.

Komitmen

Jika Anda telah melakukan sembilan hal di atas, langkah berikutnya adalah komitmen yang harus dijaga untuk menjalankan kesembilan hal tersebut. Selamat mencoba!

Sumber : http://anwarusy.wordpress.com/2010/03/23/kesuksesan-diawali-dari-berpikir-positif/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s