Temukan Kebohongan di Matanya

ANDA pasti pernah kesulitan membedakan kapan kekasih berbohong atau berkata jujur. Jika Anda tak menemukan cara untuk mengetahui itu, perhatikan saja matanya.

Kata orang, mata merupakan jendela jiwa. Mata dapat mengungkapkan karakter seseorang, apakah dia dingin, hangat, kejam ataukah romantis. Mata juga dapat mengungkapkan apa yang tak terungkapkan oleh lidah.

Adalah Richard Bandler dan John Grinder yang memperkenalkan gagasan tentang Neuro Linguistic Programming. Gagasan ini untuk mendeteksi apakah seseorang sedang berkata jujur atau sebaliknya. Menurut kedua pakar psikolog dunia itu, arah pandangan mata mengindikasikan apa yang seseorang pikirkan.

Jika Anda bertanya kepada kekasih dan dia melirik ke kanan (sebelah kiri Anda), itu berarti dirinya sedang mengakses otak kreatifnya. Itu menunjukkan sebuah konstruksi visual. Dengan kata lain, si dia sedang menciptakan sebuah kebohongan.

Sementara itu, jika kekasih melirik ke kiri (sebelah kanan Anda) ketika berbicara, itu berarti dirinya sedang mengakses memori visual. Dengan kata lain, dia sedang berusaha mengingat untuk mengatakan hal yang sebenarnya kepada Anda. Bagi orang kidal, aturan tersebut berlaku sebaliknya.

Di sisi lain, pandangan mata lurus ke depan atau mata yang tidak bergerak juga dianggap sebagai tanda mengakses visual. Selain itu, orang yang berbohong biasanya juga mengedipkan mata secara cepat dan banyak.

Namun, Anda terlebih dulu harus memahami perilaku dasar seseorang sebelum menyimpulkan dia berbohong dengan memperhatikan arah matanya. Meski pun teknik mendeteksi kebohongan seperti ini diklaim cukup akurat, Anda masih harus berhati-hati, terutama ketika orang itu adalah pembohong yang sangat baik.

Ada orang yang begitu pintar berbohong, sehingga mereka bahkan dapat mengontrol tindakannya sendiri untuk mencegah deteksi. Bandler dan Grinder menuliskan gagasan itu dalam sebuah buku yang berjudul Frogs into Prince: Neuro Linguistic Programming.(MI/***)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/06/02/19394/Temukan-Kebohongan-di-Matanya/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s