Orang Berkepala Besar Lambat Pikun

BERUNTUNGLAH Anda yang memiliki ukuran kepala lebih besar. Sebuah penelitian menyatakan orang-orang berkepala besar cenderung lamban pikun alias menderita Alzheimer (kepikunan) dibanding yang berkepala kecil. Sebuah penelitian menemukan kemungkinan itu lantaran orang yang berkepala besar memiliki persediaan daya kognitif yang lebih banyak.

Pemimpin penelitian Lindsay Farrer mengaku belum memastikan hubungan antara ukuran kepala dan otak dengan potensi kepikunan. Namun, ujarnya, penelitian itu membuka jalan untuk pengembangan pengobatan kepikunan individual.

Penelitian itu, seperti yang dikutip situs healthday.com, untuk mendeteksi dini kepikunan dan menggunakan obat-obatan dengan lebih efektif. Seabad silam, beberapa ilmuwan meyakini bahwa bentuk kepala memegang rahasia kecerdasan dan kepribadian. Namun, pandangan itu terlupakan.

Kini, Ferrer dan rekan-rekannya melihat kemungkinan itu. Ada hubungan antara ukuran otak dan jumlah neuron yang tersedia. Neuron-neuron yang menjadi gelap mengakibatkan kepikunan.

Forrer kemudian melibatkan 270 partisipan yang menderita kepikunan. Peneliti menemukan hubungan antara pengerutan otak, lingkar kepala, dan perkembangan penyakit mereka. Tiga faktor itu disesuaikan dengan usia dan etnis pasien. Hasilnya, orang dengan ukuran kepala lebih besar cenderung mengalami lebih sedikit pengecilan otak. Selain itu, kepikunan mereka juga tidak terlalu parah.

Meski demikian, Farrer belum berani meyimpulkan ukuran kepala dengan cara kerja otak. Hal senada diungkapkan peneliti dari Technical University of Munich, Dr Robert Perneczky. Menurut Perneczky, kepala yang lebih besar vencerung memiliki otak yang besar pula. Artinya, ujarnya, kepala besar mempunyai lebih banyak sel-sel saraf dan hubungan antara sel-sel tersebut.

Namun peneliti lain dari Washington University School of Medicine, Catherine Roe, membantah hasil temuan itu. Roe yakin masih banyak faktor lain yang berhubungan dengan kecerdasan.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/07/13/23199/Orang-Berkepala-Besar-Lambat-Pikun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s