50 persen Lebih Remaja Tidur dengan Ponsel

Penelitian dari Pew Internet dan American Life Project yang memberikan kilasan budaya dan komunikasi remaja AS menemukan bahwa pengiriman SMS meningkat secara dramatis sejak 2008 lalu, termasuk panggilan via ponsel, jejaring sosial dan pembicaraan tatap muka.

Pew Research Center mengatakan tiga hingga empat remaja umur 12 hingga 17 saat ini telah memiliki ponsel dan memanfaatkan apapun yang ditawarkan. Perempuan kebanyakan mengirim atau menerima 80 pesan SMS tiap hari dan laki-laki 30 setiap hari.

“Berkirim pesan saat ini telah menjadi pusat komunikasi di kehidupan remaja dan ini seperti terus meroket ke langit dalam masa 18 bulan terakhir,” ujar peneliti dari Pew, Amanda Lenhart, sambil menambahkan adanya peningkatan biaya langganan memungkinkan berkirim pesan tanpa batas.

Penelitian ini juga mengungkapkan, tidak seperti panggilan telepon, berkirim SMS tidak bisa di bawah pengawasan orangtua, guru atau figur berwenang lain. Dan tidak seperti komputer, pengiriman pesan dapat dilakukan di manapun.

“Kita sedang berada di titik balik di mana remaja mengharapkan remaja lain untuk membalas pesan mereka dan terus tersedia,” ujar Lenhart. “Ini jelas SMS begitu mencolok dalam kehidupan mereka.”

SMS telah menjadi bagian yang sangat penting di kehidupan remaja di mana 87% dari mereka mengatakan tidur dengan atau berada di sebelah ponsel mereka. Hal ini tentu akan menjadi hal yang serius jika tiak tertangani dengan baik. Masalah kesehatan mata dan susahnya mereka bangun pagi untuk memulai aktivitas sekolah adalah dua diantara masalah yang bermunculan akibat bermain handphone. Kalau sudah begini, tentu anda sebagai orangtua harus rajin memperingatkan buah hati anda agar memanajemen komunikasi mereka dengan baik. Pakailah cara-cara halus di awalnya. Jika remaja tak menggubris dan masih nekat larut dengan ponsel mereka, anda bisa lebih tegas. Apalagi jika ber-sms hingga tengah malam ini berakibat pada prestasi mereka di sekolah. (kpl/ICH)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/07/22/23971/50-persen-Lebih-Remaja-Tidur-dengan-Ponsel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s