Memulai Sesuatu Dengan Kebohongan, Fatal Akibatnya

Jika Anda pernah menyaksikan film KETIKA CINTA BERTASBIH, maka ada banyak hikmah yang pasti bisa Anda petik dari film arahan Chaerul Umam tersebut.

Salah satu pelajaran penting yang bisa kita petik dari film tersebut adalah kisah pernikahan M. Furqon Andi Hasan (Andi Arsyil Rahman) dan Anna Althafunnisa (Oki Setiana Dewi) yang berakhir tragis dengan perceraian.

Tentu Anda sudah tahu bahwa mereka bercerai karena masalah penyakit AIDS yang diidap Furqon. Namun lebih dari itu, sebenarnya bukan penyakit AIDS itu sendiri yang jadi masalah. Problem utamanya sebenarnya terletak pada kebohongan Furqon tentang penyakitnya tersebut.

Suatu peringatan keras pun dikumandangkan lewat film tersebut: memulai hubungan dengan kebohongan, fatal akibatnya. Mungkin Anda memang tidak mengidap AIDS atau menyembunyikan rahasia besar seperti yang dilakukan Furqon, namun rahasia sekecil apapun bisa jadi bumerang di masa depan.

“Tapi, tak semua hal harus diungkapkan bukan?”

Memang benar. Ada hal-hal tertentu yang justru bisa memicu timbulnya masalah baru jika diutarakan. Akan tetapi, jika dalam hati Anda berkata,”Masalah ini seharusnya saya ceritakan”, maka jangan pernah abaikan peringatan tersebut. Sebab siapa tahu masalah itu akan terbongkar di masa depan, dan pembelaan apakah yang bisa Anda katakan?

Tak seorang pun senang dibohongi, namun terlebih lagi tak seorang pun rela menerima kenyataan bahwa dirinya telah dijebak masuk dalam sebuah hubungan yang diawali dengan dusta. Hal itu sama saja dengan dibodohi, dan hubungan macam apakah yang bisa diharapkan dari tindakan menyakitkan tersebut?

Awal memang tak sepenting akhir, namun awal tetap menentukan hasil akhir. Jika awalnya sudah salah, maka akhirnya pasti menyimpang. Hal ini tak hanya berlaku untuk hubungan antar-manusia saja, namun dalam segala sesuatu. Oleh sebab itu, mari kita selalu memulai segala sesuatu dengan kejujuran, sebab dari situlah akan tumbuh yang namanya kemujuran. Benarlah pepatah yang mengatakan ‘orang jujur mujur’.(kpl/*)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/08/06/25315/Memulai-Sesuatu-Dengan-Kebohongan-Fatal-Akibatnya/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s