Kata Maaf Bikin Jantung Lebih Sehat

ANDA akan sering mendengar kata maaf pada Hari Raya Idul Fitri. Di hari itu, setiap orang kembali pada fitrahnya karena Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa umatnya. Selain mengandung makna religius, kata maaf itu ternyata ampuh bagi kesehatan Anda, terutama jantung.

Menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat, kata maaf memberikan efek penenang dan positif bagi kesehatan orang yang mengucapkan dan menerimanya. Perempuan yang menerima kata maaf akan mengalami penurunan tekanan darah. Terlebih bila telah menerima perlakuan buruk, kata maaf akan membuat tekanan darah kembali normal 20 persen lebih cepat. Sementara pria membutuhkan waktu 20 persen lebih lama untuk kembali pulih setelah meminta maaf dan akan bekerja lebih setelah mendengar pengakuan bersalah.

Tim ilmuwan dari Universitas Ilmu Medis di Massachusetts Medical School di Worcester melibatkan 29 pria dan 59 perempuan dalam penelitian tersebut. Masing-masing kelompok diminta menyelesaikan tes matematika dalam waktu lima menit. Selama itu, peneliti akan meninterupsi mereka sebanyak tiga kali. Mereka dimarahi dan diperintah agar lebih cepat mengerjakan soal.

Di akhir tes, peneliti mengatakan, “Kau tak cukup baik”. Namun, dua menit kemudian, peneliti meminta maaf atas tindakan itu. Partisipan perempuan yang menerima permintaan maaf menjadi lebih cepat tenang. Sedangkan pria justru menjadi lebih gelisah. Setelah itu, peneliti memeriksa tekanan darah di astolik para partisipan, yakni tekanan dalam darah di antara detak jantung atau tekanan dalam arteri-arteri ketika jantung beristirahat setelah kontraksi. Jika tekanan darah terlalu tinggi, dapat memicu stroke atau serangan jantung.

“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kata maaf memberikan dampak positif bagi kesehatan seseorang, khususnya perempuan,” menurut salah satu peneliti.

Jadi, mari kita memanfaatkan Hari Raya Idul Fitri untuk saling bermaaf-maafan. Semakin banyak kata maaf yang terucap, semakin bersih diri Anda dari dosa, dan semakin sehat jiwa Anda dan orang lain. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir bathin. (MI/***)

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/09/09/28481/Kata-Maaf-Bikin-Jantung-Lebih-Sehat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s