RENAH INDOJATI, Harapan Masyarakat di Ujung Selatan (Tapan, Inderapura, Lunang & Silaut)

Oleh : Tomi Tridaya Putra

Daerah Renah Indojati terdiri dari 4 nagari adat (Inderapura, Tapan, Lunang & Silaut) yang membentuk suatu kesatuan budaya yang sedikit berbeda dengan daerah sekitarnya.

Pasar Raya Tapan, Renah Indojati


Secara Administratif Renah Indojati adalah 3 Kecamatan (Pancung Soal, Basa Ampek Balai Tapan & Lunang Silaut) yang merupakan bagian paling selatan dari Kab. Pesisir Selatan Prov. Sumatera Barat, yang berbatasan dengan Prov. Bengkulu & Prov jambi.

Desakan pembentukan daerah otonom baru timbul dari bawah, karena masyarakat Renah Indojati ingin mendekatkan pelayanan publik ke bawah, yang merupakan salah satu solusi untuk mempercepat pemerataan pembangunan yang selama ini terhambat karena jauhnya jarak dari Ibukota Provinsi ditambah lagi jauh dari Ibukota Kabupaten.

Pemekaran ini sangat perlu untuk diwujudkan mengingat sulitnya pelayanan dan terbenturnya pembangunan karena jumlah penduduk yang banyak dan daerah Pesisir Selatan yang sangat luas, sebagai kabupaten terluas di Sumatera Barat.

Selain itu, Renah indojati sebagai bagian dari Pesisir Selatan yang letaknya sangat jauh dari pusat pemerintahan, memiliki wilayah, jumlah penduduk, Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan persyaratan teknis lainnya yang cukup untuk menjadi sebuah kabupaten, sehingga perlu untuk dibentuk Kabupaten Renah Indojati.

Usaha untuk mewujudkan pemekaran telah dilakukan oleh masyarakat sejak tahun 2000, bahkan pada tahun 2003 telah dibentuk Presidium Pemekaran untuk mempersiapkan dan menfasilitasi Kabupaten baru tersebut, namun usaha-usaha itu selalu kandas karena terbenturnya pada kesediaan dari kabupaten induk, padahal syarat admininistratif yang dibutuhkan telah dipenuhi, maupun syarat teknis. Oleh karena itu sejak keluarnya PP No, 78 tahun 2007 yang mensyaratkan minimal lima kecamatan untuk satu kabupaten, ini makin mempersulit terwujudnya keinginan masyarakat tersebut, karena telah diusahakan memekarkan tiga kecamatan di Renah Indojati untuk menjadi lima belum juga dikabulkan oleh Pesisir Selatan.

Sekarang masyarakat sangat berharap kabupaten baru ini segera terbentuk, Bupati Pesisir Selatan dan Gubernur Sumatera Barat terpilih diharapkan dapat memfasilitasi dengan serius keinginan masayarakat di ujung selatan tersebut, mereka juga menaruh harapan kepada delapan orang perwakilan mereka di DPRD Pesisir Selatan, dan di DPRD Sumatera Barat maupun DPR RI, agar anggota dewan tersebut benar-benar serius memperjuangkan aspirasi rakyat.

*Penulis adalah Sekretaris Umum IMAPESS UNP (Ikatan Mahasiswa Pesisir Selatan Universitas Negeri Padang)*

3 thoughts on “RENAH INDOJATI, Harapan Masyarakat di Ujung Selatan (Tapan, Inderapura, Lunang & Silaut)

  1. dikit daghing ambo..
    kining ko podea caro supayo DPRD tk.I cpek neken sughek kputusan prsetujuan baso RENAH INDOJATI ko dijadikan kabupaten baghung..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s