Remaja Tapan “Tertular” Facebook

3 April 2010

Oleh : Tomi Tridaya Putra

Facebook, g’ punya lo ? hehe, kampungan . . .
Kata-kata itu akan terdengar diantara para remaja kita, bukan hanya di Kota besar, tapi telah merambah setiap pelosok negeri. Tapan, sebuah kota dengan posisi strategis yang sekarang sedang merangkak maju tidak ketinggalan dari derasnya arus jejering sosial ini.

Sasaran utama yang paling banyak tertular facebook di Tapan adalah para remaja, usia SMA dan SMP. Meski juga banyak orang dewasa yang punya akun di facebook, namun merekalah yang sehari-hari meramaikan warnet-warnet yang ada di Tapan, bukan untuk mencari informasi, tugas, tapi untuk meng ‘update’ status facebook mereka. Belum lagi bagi yang punya ponsel yang memadai, mereka bisa kapan saja dan dimana saja main facebook, di rumah, sekolah bahkan ketika guru asyik menerangkan pelajaran, meraka asyik facebookan di belakang.

Ini adalah problem kita, dikuasainya teknologi oleh anak-anak kita bukan problem, tapi yang jadi problem adalah mereka bukan hanya untuk jejaring sosial, tapi malah telah ‘menuhankan’ facebook. Facebook harus selalu dibuka 24 jam, hingga mereka bahkan ada yang tidak mau lagi bergaul dengan teman sekitar karena hanya berteman dengan temannya di dunia maya.

Banyak kasus yang kita dengar di TV belakangan ini terjadi berbagai kejahatan melelui media facebook, meski belum terjadi di Tapan, namun ini perlu diwaspadai, terutama para remaja putri yang keadaan jiwanya yang masih labil, mudah percaya dan tergoda pada hal-hal baru dan orang-orang baru yang mereka kenal di facebook.

Jadi, mari kita ingatkan, bimbing dan kontrol para remaja kita agar tidak terlalu ‘gila” facebook, agar mereka lebih mementingkan belajar, kalau tidak, kualitas pendidikan di Tapan tidak mustahil akan merosot dengan facebook ini, padahal daerah lain sedang sibuk meningkatkan kualitas pendidikan, ini PR bagi kita bersama.

Penulis adalah Mahasiswa Matematika Universitas Negeri Padang (UNP) / Alumni SMA Negeri 1 Basa Ampek Balai Tapan tahun 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s