Guru dan Inteligensia Anak

SEBUAH penelitian terbaru di AS mengungkapkan interaksi dengan guru memiliki peran penting dalam pengembangan kemampuan bahasa dan matematika anak usia prataman kanak-kanak.
Penelitian itu dilakukan terhadap lebih dari 2.700 anak di program prataman kanak-kanak di 11 negara bagian.

Mereka dikategorikan berdasarkan cara mereka menghabiskan sebagian besar waktu di dalam kelas. Ada anak yang bermain dengan bebas sesuai dengan pilihan mereka, ada pula yang diarahkan seorang atau kelompok guru.

Anak-anak yang fokus bermain secara bebas sesuai dengan pilihannya sendiri hanya memiliki waktu sedikit untuk kegiatan akademik. Hal tersebut menyebabkan perkembangan kemampuan bahasa dan matematika mereka lebih kecil jika dibandingkan dengan anak-anak yang ikut dalam kegiatan atas arahan guru.
Penemuan yang dipublikasikan dalam Child Development edisi September-Oktober menunjukkan bahwa bermain bebas sepertinya bukan awal yang baik untuk perkembangan anak.

“Jika pendidikan anak usia dini adalah meningkatkan lapangan bermain dengan merangsang perkembangan akademik anak-anak, waktu pembelajaran berkualitas dengan guru dan mengurangi waktu bebas bermain tanpa bimbingan guru adalah kunci agar dapat mempersiapkan anak lebih siap untuk memulai TK,” ujar Nina C Chien, peneliti dari University of California, San Diego.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/09/20/29293/Guru-dan-Inteligensia-Anak-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s