Kenapa 0!=1 ? (Keunikan Angka 0)

Angka 0 memang sangatlah unik. Angka 0 melengkapi angka lainnya sehingga sebuah angka apabila ada angka 0 di belakangnya pasti memiliki nilai yang lebih tinggi(contoh: 1000000).tetapi sebaliknya, angka 0 tidak berpengaruh (banyak asumsi bahwa itu tidak ada, hal ini salah karena 0 merupakan unsur identitas dalam penjumlahan, karena 0+a=a) jika ditempatkan di depan sebuah angka (contoh: 0000001).unik kan? Bayangkan apabila angka 0 tidak ditemukan? He…he… mungkin angka 10 gak ada yah?

Dulu klo belajar kita belajar tentang aljabar maka kita akan menemui hal-hal seprti ini:

1^0=1

=1/1

=1^1/1^1

=1^1*1^-1

=1^(1+(-1))

=1^0

Yah mungkin kita semua sudah banyak yang tau jawabannya untuk hal diatas.

Tapi bagaimana jika 0!=1? Dulu ketika saya sekolah. Guru saya bilang ini sudah kesepakatan. Tapi kesepakatan kan pasti ada sebuah pernyataan yang logis sehingga semua orang dapat menyepakatinya. Nah setelah beberapa hari ini saya mencari. Saya mendapatkan jawabannya entar ini benar ato salah tapi saya dapat menerangkannya . saya mengambil contoh seperti ini,

1!=1

2!=1×2

3!=1x2x3

9!=1x2x3x4x5x6x7x8x9

Maka dari contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa:

n!=1x2x3x…x(n-2)x(n-1)xn

n!=nx(n-1)!

Dari contoh diatas, maka:

1!=1x(1-1)!

1!=1x(0)!

0!=1!/1

Kita sudah mengetahui bahwa 1!=1, maka:

0!=1/1

0!=1

pusing? ya begitulah angka 0 dengan segala keunikannya.

Sumber : http://www.galeka.web.id/2010/11/keunikan-angka-0-kenapa-01/

Tinggalkan Balasan

