Manfaat dan Cara Efektif Tidur Siang

BILA Anda kerap tertidur pada siang atau menjelang sore hari, baik sedang di kantor ataupun rumah, jangan merasa bersalah. Tahukah Anda, bahkan para tokoh besar seperti Albert Einstein, John F Kennedy, dan Thomas Edison juga melakukan rutinitas tidur siang.

Meski membuat kita terlihat malas, sebenarnya tidur singkat di siang hari memiliki manfaat yang cukup besar. Namun, tak sedikit pula yang berusaha melawan rasa malas dengan melakukan berbagai cara seperti meminum minuman berenergi ataupun kopi agar tetap terjaga. Padahal terlalu banyak mengonsumsi gula justru akan membuat Anda lebih mengantuk beberapa waktu kemudian.

Maka itu, sebaiknya Anda tak perlu melawan kantuk, tidur saja. Bahkan, peneliti NASA mencatat berbagai manfaat dari tidur siang. Diketahui bahwa tidur siang singkat meski cuma selama 5 menit pun setara seperti tidur selama 2 jam. Kemudian tidur selama 20 menit setelah 8 jam Anda terbangun di pagi hari mampu meningkatkan stamina jaug lebih besar ketimbang menambah jam tiidur di pagi harinya.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa tidur siang dengan efektif sehingga tak kebablasan dan bangun dengan stamina baru? Cobalah beberapa trik berikut ini:

1. Pasang alarm sehingga Anda tetap tepat waktu untuk kembali bekerja

2. Kegelapan sangat membentu untuk tidur nyenyak. Sebisa mungkin cari tempat dengan cahaya minim atau matikan dulu monitor komputer Anda.

3. Keheningan juga sangat membantu. Setidaknya, matikan dulu ponsel Anda dan tutup pintu agar suara dari luar ruangan tak mengganggu.

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2011/01/10/3553/4/Manfaat-dan-Cara-Efektif-Tidur-Siang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s