Siapa Bilang Gemuk Itu Tak Sehat?

TAK selamanya kelebihan berat badan diidentikkan dengan masalah kesehatan, seperti risiko penyakit jantung. Orang yang bertubuh gemuk justru berpotensi terserang penyakit sama dengan orang normal pada umumnya.

“Kelebihan berat badan tidak selalu diasosiasikan dengan resiko penyakit jantung,” kata Robert Eckel, Profesor kedokteran Universitas Colorado, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Lebih mencengangkan lagi, penelitian terbaru menyebutkan bahwa menjadi gemuk kemungkinan dapat mencegah kematian akibat penyakit kronis lain selain kanker dan penyakit jantung. Tapi, hal itu masih diperdebatkan karena beberapa ahli yakin bahwa mengurangi berat badan yang berlebih sangat penting untuk mengurangi resiko penyakit mematikan.

Bagaimanapun juga, belum ada orang yang menyanggah bahwa menurunkan berat badan adalah satu-satunya cara untuk mencegah penyakit berbahaya. Tapi apakah itu adalah hal pertama yang paling perlu dilakukan? Semua itu tergantung pada banyak sedikitnya faktor-faktor yang menyebabkan resiko terkena penyakit pada diri Anda:

Faktor Usia
Siapapun yang berusia antara 45 tahun atau lebih memiliki kemungkinan yang besar terserang diabetes. Resiko penyakit jantung dan kanker juga dipengaruhi faktor umur, wanita mulai mudah terserang penyakit jantung ketika menginjak usia 55 tahun.

Faktor riwayat kesehatan keluarga
Anda pasti cemas jika keluarga Anda memiliki penyakit keturunan yang kemungkinan besar juga akan menyerang Anda. Walaupun begitu, hanya garis keturunan pertama seperti orang tua, anak dan saudara kandung yang bisa dibilang berada dalam bendera merah.

Sebuah fakta menunjukkan bahwa dari penelitian yang dilakukan Britain Million Woman Study menemukan bahwa hanya 5% dari semua penderita kanker yang diasosiasikan dengan kelebihan berat badan.

Sebenarnya bukti tentang kelebihan berat badan dan obesitas yang dipercaya dapat meningkatkan resiko terkena kanker sangat terbatas. Jadi, selama Anda sehat dan bugar tidak ada masalah serius yang harus Anda khawatirkan. Gemuk juga tetap sehat lho.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2011/02/21/43231/Siapa-Bilang-Gemuk-Itu-Tak-Sehat?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s