Bahagia dan Sehat Tanpa Marah

Sering dengar ungkapan itu? Marah adalah sebuah tindakan untuk menyalurkan emosi, emosi di sini tentunya yang mengandung muatan negatif. Wajar bila Anda mengungkapkan kekecewaan atau hal-hal yang tidak Anda sukai dengan marah.

Bila dilakukan dengan tepat, marah bisa menjadi penyaluran emosi yang sehat. Tetapi jika marah tidak terkontrol dan menjadi kebiasaan, Anda perlu waspada. Mulai sekarang, pikirkan lagi bila Anda ingin marah-marah. Selain tidak baik untuk kesehatan, marah tidak baik untuk kejiwaan.

Depresi
Marah yang berlebihan hanya akan menumpuk kadar stres dan ketegangan pada pikiran Anda. Ketidakberdayaan Anda dalam mengelola marah dapat mengakibatkan depresi berkepanjangan. Bahaya lain yang mengincar akibat depresi adalah kekecewaan akan banyak hal dan ketidakpercayaan pada diri sendiri. Seringkali perilaku depresi akan mencoba untuk bunuh diri. Menyeramkan bukan?

Lelah
Jika ada artis yang mengatakan bahwa peran sebagai pemarah lebih melelahkan dibanding peran sebagai orang baik, itu benar. Marah yang tidak terkendali akan meningkatkan hormon yang memicu stres. Berteriak saat marah ditambah adegan melempar barang-barang akan menguras banyak energi. Tidak heran bila Anda akan merasa lelah dan menurunkan daya konsentrasi setelah marah.

Tidak Sehat Untuk Tubuh
Marah akan memberikan efek langsung pada tubuh saat itu juga. Lihatlah orang yang sedang marah, napasnya tidak beraturan, jantung memompa darah lebih cepat, suhu tubuh akan meningkat dan berkeringat. Tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Sakit kepala adalah efek ringan pada saat marah, tetapi bila Anda memelihara kebiasaan ini, serangan jantung siap menghantui Anda setiap saat.

Dijauhi Orang Lain
Siapa yang senang menghadapi orang yang setiap hari selalu marah. Orang yang pada awalnya memberi simpati akan jengah dengan kemarahan rutin seseorang. Jika Anda tidak ingin orang-orang yang Anda sayang kabur akibat kebiasaan marah Anda, mulailah untuk mengurangi kebiasaan buruk ini.

Masih ingin marah-marah? Pikirkan lagi dampaknya!

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2011/03/01/43931/Bahagia-dan-Sehat-Tanpa-Marah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s