Ini Dia, 10 Tips Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak merupakan organ utama dalam mengatur kerja jaringan tubuh kita,juga membantu kita mengingat sesuatu, mengerjakan sesuatu dan hal-hallainnya. Namun apapun yang kita lakukan akan membuat otak kita lamakelamaan semakin tumpul, apalagi kalau dipaksa untuk belajar.

Berikut ini adalah 10 tips untuk melatih otak agar tetap tajam dan sehat.

Main Soduko
Sejumlahpenelitian mengakui bahwa seseorang yang bermain sudoku dapatmeningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah seseorang(Problem-Solving) apalagi di bidang numerikal. Jadi, kalau ada waktusenggang usahakanlah bermainlah Sudoku di handphone,komputer, laptopbahkan ada juga di internet.

Baca-baca Wikipedia
Kenapa?Dengan membaca Wikipedia kita akan mendapatkan sesuatu yang baru setiapharinya, seperti atikel terbaru, berita terbaru dan penemuan terbaru.Juga membantu kita meningkatkan daya ingat.

Kerjakan Hitung-hitungan Anak SD
Kedengarannyamemang gampang dan kita pun malas mengerjakannya, tapi coba kerjakansebanyak mungkin soal-soal anak SD kelas satu dan dua dalam 60 detik,berapa banyak soal yang dapat kalian jawab? Pasti kalian akan terkejutdengan hasilnya jika kalian hanya mampu menjawab sedikit. Kegiatandapat melatih kemampuan numerik kita.

Menulis Ketimbang Mengetik
Susahrasanya membuang keyboard kalau sudah di depan komputer, karena memangcepat untuk mengetik. Tapi coba kalian buka salah satu artikelinioke.com, dan keluarkan buku dan catat beritanya. Lakukan terus disetiap berita yang kamu temukan, catat terus dengan tanganmu. Kegiatanini melatih kewaspadaan kita.

Berpura-pura Jadi Guru
Memangbosan kalau mendengarkan dari guru terus, tapi bagaimana kalau kitasendiri yang jadi guru? Berpura-puralah jadi guru dan belajarlah untukmenjadi guru, misalnya kalian mengajari diri kalian sendiri tentang biologi di depan kaca. Kegiatan ini melatih daya ingat otak danmengurangi kesalahan-kesalahan yang bodoh.

Mendongeng Untuk Diri Sendiri
Cobaambil lagi buku-buku cerita rakyat Indonesia di laci kalian, ataumungkin kalian bisa mengunjungi perpustakaan daerah dan meminjamsejumlah buku cerita rakyat Indonesia. Baca di rumah dengan bersuara,bukan bisik-bisik, memang membosankan tapi baca terus sampai tamat.Kegiatan ini melatih emosi, kesabaran dan daya ingat kita.

Main Lumosity
Lumosityadalah aplikasi web yang memberikan sarana permainan melatih otak.Permainannya cukup menyenangkan dan mudah dimainkan tapi manfaatnyacukup besar. Kalian bisa Googling Lumosity dan kalian bisa memainkannyasecara gratis.

Meditasi
Otak juga perlu istirahat,cobalah bermeditasi untuk menenangkan pikiran. Dalam Islam, kita tidakmengenal istilah meditasi, tapi solat. Jika kalian orang Islam,kerjakanlah solat karena air wudhu dapat mendinginkan kepala dangerakan solat dapat memberikan efek rileks bagi otak.

Ingat Kesalahan dan Kehebatan Otakmu
Cobaingat lagi kejadian-kejadian bodoh yang kalian lakukan, dan pikirkankenapa itu bisa terjadi. Ingat juga hal-hal menakjubkan apa yang dapatkalian lakukan dari otak kalian, dan tanyai diri kalian bagaimanakalian mendapatkan ide yang cemerlang. Dengan mengenali bagaimanakinerja otak kita, kita akan mengerti bagaimana cara kita berpikir,melatih kita agar tidak melakukan kesalahan yang sama dan membukapotensi otak kita lebih dalam lagi.

Olah Raga dan Makan Teratur
Kalaumakan sudah menjadi kegiatan wajib, kalau tidak bagaimana kita bisahidup? Tapi jenis makanan apa yang baik untuk kita? Banyak-banyaklahmakan sayur dan ikan karena dapat meningkatkan daya ingat kita. Kalauolah raga? Jogging tiap pagi dan berjalan kaki setiap sore membantumelancarkan aliran darah.

Sumber : http://himatika-unp.org/index.php?option=com_content&view=article&id=4:ini-dia-10-tips-meningkatkan-kemampuan-otak&catid=4:artikel&Itemid=6

One thought on “Ini Dia, 10 Tips Meningkatkan Kemampuan Otak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s