Polusi Udara Lebih Berbahaya daripada Kokain

POLUSI udara ternyata delapan kali lebih membahayakan dan merupakan penyumbang utama serangan jantung daripada kokain.

Namun bila seorang penderita sakit jantung mengonsumsi kokain, risiko mengalami serangan jantung meningkat 26 kali. Bila penderita penyakit jantung terpapar polusi udara, risiko mereka mangalami serangan jantung meningkat hingga 5 persen, menurut studi terbaru yang dilansir jurnal Lancet edisi februari 2011.

Akan tetapi, karena jumlah orang yang terpapar polusi lebih banyak dari yang mengonsumsi kokain, otomatis polusi udara merupakan ancaman terbesar sebagai pemicu serangan jantung, kata para peneliti.

Contohnya saja Inggris dengan sekitar 124 ribu penduduknya terkena serangan jantung setiap tahun. Dari jumlah itu sekitar 9.200-nya dipicu polusi udara, sedangkan 1.100-nya karena konsumsi kokain, menurut The Telegraph Februari 2011.

Para peneliti dari Universitas Hasselt dan Universitas Katolik Leuven di Belgia menyimpulkan hasil studi mereka itu setelah menganalisis 36 studi. Mereka memantau faktor risiko serangan jantung seperti emosi, hubungan seksual, porsi makan berlebihan, konsumsi alcohol dan kopi, menghisap ganja dan kokain. Studi ini dilakukan aktivitas apa saja yang paling membuat seorang individu terkena serangan jantung.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2011/03/01/43965/Polusi-Udara-Lebih-Berbahaya-daripada-Kokain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s