Tidur Siang Sejenak Umur Lebih Panjang

Disarankan tidak membuang kesempatan tidur siang minimal 45 menit kalau Anda ingin menikmati hidup lebih lama. Terlebih yang sering terbebani aktivitas memicu stres ingin meraih hidup sehat. Percayakah, tidur siang sejenak menurunkan tensi dan melindungi jantung.

Hal itu terungkap dalam temuan terbaru yang melibatkan 85 mahasiswa sehat. Mereka kemudian dibagi dua kelompok. Satu kelompok memiliki waktu tidur siang selama satu jam, lainnya tak punya kesempatan tidur. Kedua kelompok diberi tes untuk mengetahui tekanan mental yang dialami.

Tekanan darah dan detak jantung meningkat pada kedua kelompok siswa ketika menjalani tes stres. Tapi, tensi rata-rata yang tidur siang paling sedikit 45 menit secara signifikan lebih rendah setelah tes stres ketimbang dengan yang tidak tidur.

“Temuan kami menunjukkan tidur siang dapat memberikan manfaat kardiovaskular dengan mempercepat pemulihan kardiovaskular menyusul aktivitas yang menekan mental,” tulis peneliti, Ryan Brindle dan Sarah Conklin dari Allegheny College Meadville.

“Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengeksplorasi mekanisme di mana tidur siang dikaitkan dengan kesehatan jantung dan untuk mengevaluasi tidur siang sebagai praktik penyembuhan dan perlindungan, terutama untuk individu yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan mereka dengan kualitas tidur kurang optimal,” tambah mereka dalam studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Behavioral Medicine.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2011/03/03/44173/Tidur-Siang-Sejenak-Umur-Lebih-Panjang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s