Dampak Buruk Remaja Doyan Ngopi

Metrotvnews.com: Coba deh perhatikan, dengan menjamurnya kedai kopi modern, remaja bahkan anak-anak, kian menyukainya. Tak hanya gemar kopi, remaja doyan mengonsumsi minuman berkafein lain. Sama halnya minuman bersoda dan minuman energi.

Persentase remaja mengonsumsi minuman berkafein meningkat dramatis beberapa tahun terakhir. Data pada 2006 mengungkapkan remaja dan dewasa muda menghabiskan hampir US$ 2,3 miliar untuk minuman berkafein selama setahun di Amerika Serikat. Pada 2007, National Coffee Association menemukan, 31 persen remaja mengkonsumsi kopi.

Nah, ahli gizi khawatir akan kebiasaan remaja mengonsumsi minuman berkafein. Tidak sedikit remaja masa kini yang menggantikan makanan dengan minuman berkafein tanpa menyadari kandungan kalori tinggi dalam minuman mereka.

Efek buruk minuman berkafein, menurut pakar kesehatan dapat menyebabkan kecemasan dan insomnia. Tetapi, yang paling berbahaya karena minuman bersifat adiktif. Yang mencemaskan, kecanduan ini lebih rentan dialami remaja, demikian seperti dilansir The Washington Post.

Apalagi, remaja sekarang kurang memahami kandungan minuman yang dikonsumsi. Sehingga mereka bisa mengonsumsi minuman ini dalam porsi berlebih, pada akhirnya membahayakan kesehatan.

Dr Fiastuti Witjaksono SpGK, spesialis gizi, menekankan anak-anak dan remaja harus menghindari kopi, terutama karena kandungan kafein pada minuman ini membuat remaja gampang kecanduan.

“Untuk remaja, kafein tidak baik untuk kesehatan mereka. Mengingat selain dari kopi, remaja mendapatkan kafein juga dari minuman lain, misalnya soda yang memang mereka sukai. Minuman manis ini mengandung kalori tinggi yang juga bisa memicu kegemukan,” kata Fiastuti saat ditemui di Jakarta belum lama ini.

Sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2011/04/08/47971/Dampak-Buruk-Remaja-Doyan-Ngopi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s