Inilah Pengakuan Pria, Menangis Bisa Bikin Lega

Perempuan adalah mahluk yang cengeng dan sulit mengendalikan emosinya, sedangkan laki-laki adalah mahluk yang enggan mengekspresikan perasaannya. Itulah alasan yang diyakini orang, mengapa perempuan mudah menangis, sedangkan laki-laki tidak.

Kecenderungan perempuan untuk menangis bahkan dibilang empat kali lebih banyak daripada laki-laki. “Perempuan menangis sekitar 5,3 kali tiap bulan, sedangkan pria hanya menitikkan air mata sekitar 1,4 kali,” ungkap ahli neurologi, William Frey.

Tetapi, boleh percaya boleh tidak, laki-laki lah yang paling mendapat keuntungan setelah puas menangis! Menurut Anne Kreamer, penulis buku It’s Always Personal: Emotion in the New Workplace, setelah menangis, “Perempuan justru merasa tidak bahagia, seperti telah melakukan sesuatu yang tabu.” Di lain pihak, pria ternyata merasa lebih baik.

Dalam bukunya, Kreamer menjelaskan bahwa kita memiliki kadar hormon prolaktin yang lebih tinggi. Hormon ini berfungsi mengontrol perkembangan kelenjar air mata. Saluran air mata perempuan secara anatomis juga berbeda dari saluran air mata pria, sehingga menghasilkan volume air mata yang lebih besar.

Memang selama ini adalah standar ganda, berkaitan dengan bagaimana pria dan wanita menunjukkan emosinya. Wanita yang menangis selalu disebut wajar, sedangkan pria yang menangis sering dikatakan lemah karena menunjukkan perasaannya yang terdalam.

Kreamer juga mendapati, penyebab utama wanita menangis adalah kritik. Dalam hal ini, menangis merupakan manifestasi dari emosinya yang sebenarnya: marah. Nah, kesadaran bahwa kita sering tak mampu mengontrol emosi inilah yang menyebabkan kita merasa bersalah setelah menangis.

Di lain pihak, para responden pria yang disurvei mengatakan, setelah menangis, “Pikiran mereka terasa lebih tajam, masa depan menjadi lebih cerah, dan mereka merasa lebih rileks secara fisik, dan lebih mampu mengontrol sebelum insiden terjadi,” ujar Kreamer.

Bila ingin mendapatkan manfaat yang sama dari menangis, seperti halnya pria, kita mungkin bisa lebih “lepas” saat menangis di depan orang lain. Artinya, puaskan saja keinginan untuk menangis, tak perlu malu karena akan dianggap lemah oleh orang lain.

Setelah itu, coba rasakan bedanya. Mungkin Anda pun akan merasa lebih rileks dan bahagia.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2011/06/19/inilah-pengakuan-pria-menangis-bisa-bikin-lega

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s