Tubuh yang Sehat Harus Punya Ciri Dasar Ini

Sehat atau tidaknya seseorang tidak bisa dilihat dari ukuran tubuh baik kurus atau gemuk. Ada ciri-ciri dasar dari seseorang yang memiliki tubuh sehat. Apa saja tandanya?

Ukuran tubuh umumnya ditentukan oleh seberapa banyak kalori yang masuk dan keluar, jadi tidak bisa menjadi tanda apakah seseorang sehat atau tidak. Sedangkan tubuh yang sehat ditentukan oleh pola makan yang tepat, aktivitas fisik dan pikiran yang tajam.

Berikut ini tanda-tanda yang dimiliki seseorang jika bertubuh sehat, seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (10/9/201) yaitu:

1. Tanda-tanda vital menunjukkan angka normal
Saat tekanan darah, denyut nadi dan suhu tubuh diukur akan menunjukkan angka yang normal. Tubuh yang sehat umumnya memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHg, pernapasan sekitar 12-18 napas per menit, denyut nadi antara 60-80 per menit serta suhu tubuh antara 36-37 derajat celsius.

2. Punya energi yang cukup untuk melakukan tugas harian
Tubuh yang sehat akan membantu seseorang mempertahankan tingkat energinya. Ketika seseorang mendapatkan nutrisi yang tepat, cukup tidur dan berolahraga secara teratur maka tubuh akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan semua tugas sehari-hari.

Sedangkan masalah yang biasa muncul seperti kelelahan biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang tidur, sedangkan perubahan tingkat energi yang terjadi secara mendadak sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mencaritahu penyebabnya.

3. Kondisi kulit, rambut dan kuku
Beberapa tanda kesehatan kadang bisa terlihat dari kulit, rambut dan juga kuku. Hal ini karena masing-masing bagian tubuh ini membutuhkan tingkat nutrisi seperti protein dan zat besi yang tinggi agar bekerja secara optimal.

Jika asupan nutrisinya kurang maka kulit akan terlihat kusam dan kotor, kuku menjadi rapuh atau mudah patah dan rambut rentan mengalami kerusakan atau rontok. Jika melihat kondisi tersebut cobalah memperhatikan pola makan yang dijalani.

4. Memiliki pemikiran yang tajam
Tubuh yang sehat akan membuat pikiran menjadi tajam. Ketika tubuh mendapatkan asupan dan pola hidup yang tepat maka otak akan bekerja lebih baik karena keduanya sangat berhubungan.

Antioksidan, vitamin dan mineral bisa membantu menjaga jaringan otak tetap sehat, sedangkan olahraga dna aktivitas fisik membantu memperlambat penurunan mental karena meningkatkan aliran darah ke otak.

Sumber : http://www.detikhealth.com/read/2011/09/10/080434/1719393/766/tubuh-yang-sehat-harus-punya-ciri-dasar-ini?l993306763

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s