Apakah Minum Air dari Pipa Plastik Berbahaya?

Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik telah diketahui berisiko mengakibatkan beberapa penyakit yang berbahaya. Padahal, pipa plastik umum digunakan dalam sistem distribusi air di rumah-rumah. Pipa untuk air minum tersebut terbuat dari plastik yang disebut cross-linked polyethylene (PEX).

Penelitian internasional sebelumnya telah menunjukkan bahwa pipa plastik dapat melepaskan zat yang memberi rasa dan bau yang tidak diinginkan dalam air minum. Beberapa penelitian juga telah menyarankan bahwa zat-zat ini mungkin bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Penelitian yang dilakukan Norwegian Institute of Public Health ini bertujuan untuk menyelidiki apakah zat-zat dalam pipa tersebut berbahaya bagi kesehatan serta mempengaruhi rasa dan bau air minum. Zat-zat tersebut terdiri dari bahan tambahan yang digunakan selama produksi pipa plastik untuk memberikan sifat-sifat yang diinginkan.

Seperti dilansir ScienceDaily, Kamis (10/11/2011), hasil penelitian menunjukkan bahwa:

1. Tidak ada risiko kesehatan yang berhubungan dengan air minum dari pipa PEX
2. Beberapa jenis pipa PEX-dapat menyebabkan rasa dan bau yang tidak diinginkan yang berkepanjangan jika air tetap berada dalam pipa dari waktu ke waktu
3. Meskipun rasa dan bau biasanya menghilang seiring dengan penggunaan, air dari dua jenis PEX masih memiliki bau dan rasa yang tidak enak setelah satu tahun
4. Kadar senyawa organik yang mudah menguap dari pipa PEX baru umumnya rendah
5. Kadar ini akan jauh berkurang seiring dengan penggunaan
6. Tidak ada hubungan yang ditemukan antara metode produksi dan pencemaran zat-zat dalam pipa.

Sepuluh jenis pipa PEX yang tersedia di pasar Norwegia telah diuji untuk dalam tes laboratorium standar. Pipa tersebut diberikan kontak langsung dengan air selama 72 jam.

Saat ini, terdapat tiga metode berbeda dalam memproduksi pipa yang dikenal sebagai PEX-a, PEX-b atau c-PEX. Metode ini menggunakan zat tambahan yang sedikit berbeda, tapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara metode produksi dan pencemaran zat-zat dari pipa ke dalam air.

Sumber: http://www.detikhealth.com/read/2011/11/10/090114/1764234/763/apakah-minum-air-dari-pipa-plastik-berbahaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s